Ujian PAT Berbasis Online - SMK Manbail Futuh
PAT SMK Manbail Futuh 2024

By Redaksi 09 Jun 2024, 09:07:51 WIB Kurikulum
Ujian PAT Berbasis Online - SMK Manbail Futuh

Gambar : Dokumen PAT


Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap.

Pada tahun pelajaran 2023/2024 ini, SMK Manbail Futuh mengadakan penilaian semester genap dengan istilah Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas XI  dan istilah Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) untuk kelas X. karna di tahun ini untuk kelas XI masih menggunakan kurikulum tiga belas dan untuk kelas X sudah menggunakan kurikulum merdeka.

Penilaian dimulai tanggal 27 Mei hingga 03 Juni 2024 yang diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan siswa-siswa kelas XI. Sebelum pelaksanaan tim Proktor telah menambah beberapa perangkat access point di sejumlah titik kelas untuk menambah penyebaran sinyal WiFi. Karna penilaian untuk siswa-siswa setiap semesternya di SMK Manbail Futuh menggunakan cara online atau berbasis android dengan sistem CBT. Guna untuk mendukung pelaksanaan penilaian SMK Manbail Futuh juga menyediakan lap komputer untuk siswa-siswi yang terkendala dengan perangkat smartphone nya.

Dalam penggunaan sistem CBT memudahkan siswa-siswi untuk mengases soal ujian dan meminimalisir kecurangan siswa dalam mengerjakan soal. Dengan sistem CBT ini juga memudahkan bapak ibu guru dalam mengoreski dan memberi nilai ujian kepada siswa-siswi.

Alur untuk mengerjakan soal ujian dengan sistem CBT ini sangat mudah. Pertama-tama siswa hanya perlu login dengan username dan password yang sudah disiapkan panitia, yang kedua setelah bisa login siswa-siswi login lagi menggunakan nomer peserta ujian dan token mapel. Nah, ketika dua langkah tersebut dilewati siswa-siswi dapat mengerjakan soal ujian dengan online.

Hasil dari PAT dan ASAS Genap menjadi salah satu dasar bagi guru untuk menghitung nilai rapor yang akan menentukan kenaikan siswa ke kelas pada jenjang berikutnya.

Alhamdulillah pelaksanaan PAT dan ASAS di SMK Manbail Futuh berjalan dengan lancar, dan semoga siswa-siswi yang mengikuti ujian mendapat nilai seperti yang diharapkan.




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment